News

SolaRUV Digunakan Pada Bangunan Water Treatment Griya Idola Industrial Park (GIIP)

SolaRUV di Bangunan Water Treatment GIIP Sumber: Dokumentasi PT. Utomodeck Metal Works

utomodeck.com – Semakin banyak perusahaan di sejumlah daerah di Indonesia yang menggunakan Utomo SolaRUF demi menghemat biaya listrik. Utomo SolaRUV adalah hasil inovasi yang dikembangkan Kelompok Usaha PT Utomodeck Metal Works dalam kaitannya dengan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Salah satu perusahaan yang menggunakan Utomo SolaRUV adalah PT Griya Idol, sebuah perusahaan properti. PT Griya Idol memasang Utomo.Solaruv dengan kapasitas 25 KWp pada atap bangunan Water Treatment atau pengolah air limbah di kawasan Griya Idol Industrial Park (GIIP) tahap 3. Pemasangan telah diselesaikan oleh PT. Utomodeck Metal Works pada bulan Desember 2019 lalu.

PT. Utomodeck Metal Works mengembangkan inovasi PLTS dengan menghadirkan PV atau panel surya pada atap bangunan. Produk ini diwujudkan sebagai bentuk respon terhadap tingginya trend permintaan panel listrik tenaga surya.

SolaRUV di Bangunan Water Treatment GIIP Sumber: Dokumentasi PT. Utomodeck Metal Works

PT Utomodeck bertransformasi dari perusahaan yang spesial memproduksi atap baja ringan, kemudian terintegrasi dengan menyediakan panel surya yang dapat dipasang pada atap bangunan. Penggunaan Utomo SolaRUV bisa menghemat biaya listrik hingga 30 persen. Adapun biaya listrik merupakan salah satu komponen biaya operasional setiap perusahaan.

Dalam mengembangkan Utomo SolaRUV, PT Utomodeck berpartner dengan PT Xusrya Indonesia. Direktur PT Xsurya Indonesia, Edwin Widjanarko membenarkan penggunaan Utomo SolaRUV bisa menghemat biaya listrik hingga 30 persen. Utomo SolaRUV juga ramah lingkungan.

Dikutip dari Kompas.com, Griya Idol Industrial Park (GIIP) yang dikembangkan oleh PT Griya Idol saat ini merupakan tahap 3, yang mencakup kavling komersil yang sesuai untuk dibangun sebagai pusat research and development, pusat data, hotel dan bisnis, serta gedung perkantoran hingga pergudangan dengan berbagai spesifikasi. Luas lahan mencapai15 hektare yang berlokasi di Tangerang, Jawa Barat.

Selain GIIP, PT Griya Idola juga telah mengembangkan dan mengelola beragam portofolio, yaitu properti komersial, kawasan industri, hotel dan residensial di sejumlah daerah di Indonesia.

Selain pemasangan di PT Griya Idol, PT Utomodeck sudah memasang Utomo SolaRUV di sejumlah perusahaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Antara lain pada atap Hotel Santika Palembang, Sumatera Selatan, dengan kapasitas 9,9 kWp; 318,5 KWp; PT Ecco Tennery Indonesia di Sidoarjo, Jawa Timur dengan kapasitas 318,5 kWp; Terminal Peti Kemas Surabaya dengan kapasitas 8,215kWp

Sumber: Kompas.com, detik.com, Properti Kompas, Money Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *