News

PT Utomodeck Metal Works Dipercaya Memasang Atap di PLTU Tanjung Awar-Awar

PLTU Tanjung Awar-Awar Tuban Sumber: Indonesia Project PLTU Tanjung Awar-Awar

utomodeck.com – PT Utomodeck Metal Works dipercaya memasang atap beserta asesorisnya di proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar Awar, di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

PT Utomodeck yang merupakan perintis dalam hal produksi atap baja ringan, pada PLTU Tanjung Awar Awar menggunakan salah satu jenis atap unggulannya, yakni U-472. Total luas atap yang dipasang 33.047,46 meter persegi. PT Utomodeck juga memasang Fiber dengan luas 3.640,72 meter persegi.

U 472 merupakan sistem atap dengan baut yang memilki lebar efektif 720 mm. Memiliki karakteristik overlap antar lembaran yang saling mengunci sehingga tidak menimbulkan celah. Terdapat penguat pada bagian sambungan antar lembar untuk mencegah pemekaran atap. Panjang atap dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dapat diproduksi tanpa sambungan.

Sedangkan fiber atau Utomolite pemasangannya memiliki kelebihan, yakni tahan terhadap cuaca, sinar ultraviollet, dan korosi akibat uap bahan kimia dan lingkungan korosif lainnya. Berbeda dengan fiber konvensional pada umumnya, Utomolite dibuat dengan dua komposisi material pilihan, yaitu polimer yang dikembangkan khusus hanya untuk aplikasi atap. Mengandung anti UV dan glass reinforcement E grade, ex USA pada kedua permukaannya juga dilindungi dengan plastik film 20 mikron berkualitas tinggi.

PLTU Tanjung Awar-Awar Dokumentasi: Global News: PLTU Tanjung Awar-Awar

Beroperasinya PLTU Tanjung Awar-awar di Tuban semakin memperbesar pasokan listrik untuk lokal mapun nasional. Pembangunan PLTU Tanjung Awar Awar Tuban juga ikut mendukung program pemerintah pusat, yakni penyediaan pasokan listrik 35 ribu MW.

Menurut General Manager Unit Induk Pembangun (UIP) Jawa Bagian Timur dan Bali II (JBTB II) Eko Priantono, PLN terus berkomitmen meningkatkan jumlah pasokan listrik hingga ke pelosok negeri. “Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan bersama PLN UIP JBTB II berupaya melayani masyarakat. Dengan proyek yang sudah dibangun dan beroperasional, maka layaknya dimanfaatkan,” katanya ditemui Lensa Indonesia dalam acara Sosialisasi dan Pengenalan PLTU Tanjung Awar-Awar di Tuban beberapa waktu lalu.

Pembangunan PLTU Tanjung Awar Awar dimaksudkan untuk memperbesar cadangan listrik. Terutama di Jawa Timur, yang semula hanya 2.000 MW menjadi 2.600 MW hingga 2.700 MW.

Ikut berkontribusi dalam pembangunan pembangkit listrik daerah bukan yang pertama, sebelumnya PT. Utomodeck Metal Works juga sudah dilibatkan dalam pembangunan pembangkit listrik di berbagai daerah, yang merupakan salah satu prioritas utama program infrastruktur yang gencar dikerjakan pemerintah. Salah satunya, PT. Utomodeck Metal Works juga dilibatkan dalam pembangunan PLTMG dengan kapasitas 250 MW di Lhokseumawe, Aceh. PT. Utomodeck Metal Works memproduksi dan memasang atap dan dinding unggulannya, yakin jenis U1040.


Sumber: ptpjb.com, Lensa Indonesia, Antara News, Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *