News

Presiden Jokowi Resmikan Lapangan Tenis GBK : Stadion Tennis Indoor Gunakan Atap Utomodeck

 

Jokowi Resmikan Arena Tennis GBK.

Jokowi Resmikan Arena Tennis GBK. Foto : tempo.co

 

Arena Tennis Indoor Kompleks Olahraga GBK.

Arena Tennis Indoor Kompleks Olahraga GBK. Foto : Dokumentasi PT. Utomodeck Metal Works

Utomodeck.com – Presiden Joko Widodo meresmikan lapangan tenis terbuka dan tertutup di komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu pagi, 3 Februari 2018. Lapangan tenis terbuka dan tertutup itu merupakan fasilitas olahraga yang akan digunakan pada perhelatan Asian Games 2018.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, renovasi lapangan tenis terbuka dan tertutup GBK saya resmikan. Terima kasih,” kata Jokowi dalam sambutannya, seperti ditulis portal berita online tempo.co.

Dalam acara tersebut, Jokowi tampil santai. Mengenakan kaos berkerah warna putih, seragam dengan yang dikenakan para pengurus Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti). Kaos putih itu dipadankan dengan celana bahan hitam dan sepatu kets berwarna merah merek Nike.

Peresmian itu turut dihadiri sejumlah menteri. Di antaranya Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Para legenda tenis Indonesia juga tampak dalam acara itu, seperti Yayuk Basuki dan Angelique Widjaja.

Presiden Jokowi mengatakan, sejumlah fasilitas penunjang untuk Asian Games 2018 sudah hampir rampung seluruhnya. “Setiap hari persiapan Indonesia untuk menyongsong Asian Games 2018 kelihatan sekali semakin siap, karena venue-venue yang ingin digunakan satu per satu telah diselesaikan,” katanya, seperti ditulis portal berita online Okezone.

Menteri Pekerjaan Umum dan PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan renovasi lapangan tenis terbuka dan tertutup dilaksanakan 16 bulan, yakni sejak September 2016 hingga Desember 2017. Menghabiskan dana sekitar Rp 92,8 miliar.

Menurut Basuki, lapangan tenis itu merupakan 7 dari 14 venue yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018. “Lapangan tenis outdoor GBK merupakan satu dari enam bangunan cagar budaya di kawasan GBK yang renovasinya dilaksanakan dengan memperhatikan aspek cagar budaya sesuai rekomendasi ahli cagar budaya,” ujarnya.

Seperti diberitakan Utomodeck.com sebelumnya, PT Utomodeck Metal Works turut berkontribusi dalam penataan infrastruktur berupa fasilitas olahraga dalam komplek GBK.

PT Utomodeck mendapat kepercayaan mempersiapkan bahan atap serta melakukan pemasangannya, yakni pada tribun barat dan tribun timur Stadion Madya, gedung Tennis Indoor, serta atap tribun lapangan olahraga baseball.

Atap tribun Stadion Madya yang berkapasitas 8.000 orang itu, PT Utomodeck menggunakan jenis atap U450. Ini merupakan atap yang sitem pemasangannya tanpa menggunakan baut sehingga tidak melubangi atap, atau disebut Zero Penetration System. Penyambungan masing-masing lembar atap dengan teknologi double seam. Tampilan atap dengan luas keseluruhan 4.658,18 meter persegi itu menjadikan arena olahraga ateltik itu tampak rapih.

Adapun atap untuk tribun lapangan baseball, PT Utomodeck menggunakan jenis U672. Ini juga tergolong atap yang pemasangannya tanpa menggunakan baut dengan sistem kuncian klik. Biasa diaplikasikan pada bangunan dengan bentang sangat lebar dan sudut kemiringan kecil. Luas keseluruhan atap pada tribun baseball 3.327 meter persegi. Kapasitas tribun mampu menampung 2.500 penonton.

Fasilitas olahraga yang juga menggunakan atap Utomodeck adalah Gedung Stadion Tennis Indoor. Atap yang indah memayungi berbagai sarana yang ada di dalam gedung dengan kapasitas tribun yang bisa menampung 3.300 penonton. Selain lapangan tennis, tentunya, juga terdapat berbagai sarana pendukung, seperti ruang VIP, ruang kesehatan, hingga ruang ganti.

 

Sumber Berita: tempo.co, Okezone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *